-->

Perkedel Jagung

Perkedel Jagung
Perkedel Jagung


Perkedel Jagung adalah menu makanan yang dibuat dari bahan dasar jagung, tepung terigu, telur, daun bawang seledri yang digoreng. Dibeberapa daerah penyebutan Perkedel Jagung mungkin berbeda seperti dadar atau bakwan jagung, walaupun istilah penyebutan namanya sama, namun sebenarnya ada perbedaannya yaitu, jika Perkedel Jagung, sebelum jagung dicampur dengan bumbu, tepung terigu dan bahan lainnya, jagung yang sudah dipipil, diulek kasar terlebih dahulu sedangkan Bakwan Jagung tidak dan bisa ditambahkan beberapa bahan sayuran seperti irisan wortel, kol, dan toge lalu diaduk bersama bumbu dan bahan lainnya dan digoreng sampai berwarna kuning kecoklatan.


Baca Juga : Cumi Fantasi


Perkedel Jagung sangat cocok jika disandingkan dengan sayur berkuah, atau digado bersama sambal pedas. Selain budget untuk membuat Perkedel Jagung ini sangat irit dikantong, cara membuatnyapun terbilang cukup mudah. Jadi tidak heran jika menu makanan satu ini banyak disukai keluarga Indonesia. Perkedel Jagung juga memiliki cita rasa yang enak, gurih dan renyah. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat Perkedel Jagung agar enak, renyah dan tidak menyerap banyak minyak. Pertama, pilihlah jagung manis yang segar dan belum terlalu tua. Jagung yang renyah manis menjadi rahasia kelezatan perkedel ini. Kedua, gunakanlah tepung protein rendah. Tepung terigu protein rendah mengandung kadar gluten yang rendah, sehingga akan membuat gorengan lebih renyah. Sedangkan tepung dengan kandungan gluten tinggi atau protein tinggi akan menghasilkan lapisan gorengan yang keras dan kenyal yang rentan menyerap terlalu banyak minyak. Jadi sebaiknya hindari menggunakan tepung terigu protein tinggi ya.


Baca Juga : Cumi Bakar Montok


Ketiga, gunakanlah tepung beras, karena tepung beras menyerap lebih sedikit minyak daripada tepung lainnya saat digoreng, sehingga menghasilkan lebih sedikit kalori dari lemak dan menghasilkan produk yang kurang berminyak. Keempat, minyak harus panas. Jika belum panas, maka minyak akan menyerap ke dalam perkedel. Mengetes panas atau belumnya minyak bisa melalui setetes adonan. Jika tetesan tadi naik dan berbuih tanda minyak sudah panas. Jangan lupa goreng dengan api sedang supaya tidak mudah gosong. Kelima, jangan memasukkan banyak adonan perkedel dalam satu wajan. Jika terlalu banyak, justru bisa menurunkan suhu dan perkedel akan menyerap minyak. Dianjurkan dalam satu kloter dengan wajan sedang, masukkan tiga sampai empat perkedel saja. Keenam, tiriskan dengan benar. Bila sudah kuning kecokelatan dan terasa garing angkat dan tiriskan. Jika tidak ingin perkedel jagung menyerap banyak minyak, tiriskan dengan posisi berdiri atau bisa juga alasi dengan tisu dapur (bukan tisu wajah). Tunggu sampai tetesan minyak di perkedel berhenti.


Baca Juga : Sambel Cumi Asin


Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat Perkedel Jagung, berikut ini adalah bahan-bahan serta cara membuat Perkedel Jagung pilihan bumbuu bubuk. Silahkan di simak ya.


Bahan : 

  • 2 buah jagung manis, pipil
  • 2 butir telur
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • Garam secukupnya
  • 1/4 sendok teh kaldu bubuk


Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok makan ketumbar


Baca Juga : Kalio Cumi Isi Telur dan Tahu


Cara Membuat :

  1. Ulek semua bumbu halus di cobek yang besar hingga halus. Masukkan jagung pipil, ulek kasar jagung.
  2. Pindahkan dalam wadah, masukkan telur, irisan daun bawang seledri, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata.
  3. Masukkan terigu, aduk kembali. Jika adonan terlalu encer bisa ditambahkan tepung sedikit-sedikit.
  4. Goreng adonan dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan. Sajikan hangat.
LihatTutupKomentar