-->

Sambel Cumi Asin

Sambel Cumi Asin
Sambel Cumi Asin


Sambal merupakan salah satu pelengkap makanan yang disukai oleh keluarga Indonesia. Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa jika makan tanpa sambal rasanya ada yang kurang lengkap, karena makanan akan terasa tambah nikmat jika ditambah dengan sambal. Salah satunya adalah Sambal Cumi Asin yang dipadukan dengan petai dijamin pasti bikin lidah anda susah untuk move on.


Baca Juga : Kalio Cumi Isi Telur dan Tahu


Cumi asin biasanya diolah dengan cara ditumis dengan campuran bawang goreng dan irisan cabai hijau. Namun ternyata banyak orang yang mengolah cumi asin ini menjadi sambal yang dapat menggugah selera makan dan bikin lidah anda ketagihan. Sambal Cumi Asin ini memang selalu bikin ketagihan jika diolah dengan cabai atau sambal pedas yang nendang. Perpaduan cumi asin yang dibalut oleh sengatan cabai rawit merah membuat rasa gurihnya terasa makin nikmat. Campuran petainya bisa dijadikan sebagai penyedap sambal ini. Pilihlah petai padi yang kecil renyah. Masukkan saat terakhir menumis agar petai sedikit layu tetapi tetap renyah rasanya.


Baca Juga : Oseng Cumi Tomat Pete Pedas


Untuk mendapatkan cumi asin yang baik sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini, Pertama, ada beberapa jenis cumi asin, ada yang kecil bertelur dan ada jenis sero tanpa telur. Ada juga yang besar dan pipih. Kedua, pilihlah cumi asin yang masih basah dan warnanya cerah. Cumi yang sudah kaku dan keras berwarna agak putih menandakan cumi asin sudah lama disimpan dan rasanya sangat asin. Ketiga, rebuslah cumi hingga empuk dan garamnya larut hingga tidak terlalu asin.


Sudah tidak sabar ingin membuat Sambal Cumi Asin dirumah? yuk ikuti resep cara membuatnya di bawah ini. Check it out.


Baca Juga : Oseng Cumi Asin


Bahan :

  • 250 gram cumi asin 
  • 2 papan petai belah dua 
  • 1 sendok makan air jeruk nipis 
  • 1 sendok teh terasi sudah dibakar 
  • Garam dan gula 
  • Minyak goreng


Baca Juga : Gulai Cumi Pedas


Bahan Halus : 

  • 12 cabai merah 
  • 6 cabai rawit hijau 
  • 5 cabai rawit merah 
  • 10 bawang merah


Baca Juga : Cumi Saos Padang


Cara Memasak : 

  1. Seduh dengan air hangat cumi asin lalu rendam sebentar untuk mengurangi asin. Kemudian cuci bersih dan sisihkan.
  2. Tumis dengan minyak goreng secukupnya bahan halus. Masak sampai harum lalu masukkan terasi yang sudah dihancurkan. Setelah itu aduk rata. Lalu beri air jeruk nipis. Kemudian aduk rata kembali.
  3. Beri garam dan gula sesuai selera. Koreksi rasa. Masukkan cumi asin beri sedikit air. Aduk rata, terakhir masukkan petai. Aduk sampai tercampur semua.
  4. Matikan api dan hidangkan
LihatTutupKomentar