-->

Cumi Bakar Montok

Cumi Bakar Montok
Cumi Bakar Montok


Cumi merupakan makanan laut atau seafood yang dapat dinikmati sebagai hidangan dengan kelezatan yang dapat menggugah selera. Salah satu hidangan yang lezat itu adalah Cumi Bakar Montok. Namun anda juga perlu tahu cara memasak cumi bakar yang benar, agar daging cumi tidak alot dan tidak keras karena daging yang alot dan keras dapat membuat selera makan jadi hilang.


Baca Juga : Sambel Cumi Asin


Berikut ini ada beberapa tips untuk menyiasatinya. Pertama, gunakanlah cumi berukuran kecil hingga sedang, dan pastikan masih dalam kondisi segar. Kesegaran cumi nantinya sangat berpengaruh pada hasil masakan. Cumi yang masih segar memiliki cita rasa yang relatif lebih manis dengan tekstur yang juicy. Ukuran cumi juga berpengaruh pada tekstur akhir. Tekstur yang relatif kecil memang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk memanggang cumi hingga matang. Kedua, bersihkan badan cumi dan buang tintanya. setelah itu bilas hingga bersih, lalu lumuri badan cumi tersebut dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Selanjutnya diamkan sekitar 10-15 menit, kemudian bilas kembali.


Baca Juga : Kalio Cumi Isi Telur dan Tahu


Ketiga, buatlah keratan tipis di badan cumi. Keratan tersebut dapat berbentuk kerat persegi maupun kerat memanjang. Namun, jangan mengeratnya terlalu dalam agar tidak membuat badan cumi terputus. Fungsi dari keratan tersebut untuk membuat bumbu yang akan dilumuri nanti dapat lebih meresap, serta membuat badan cumi menjadi lebih mengembang saat dipanggang. Keempat, gunakan bumbu dasar pada olahan cumi bakar, misalnya seperti menambahkan bumbu marinasi air asam jawa, bumbu grill master hot and spicy barbeque, rill master seafood magic rub, chili flakes dan gula pasir. Aduk merata semua bumbu tersebut, lalu balurkan ke badan cumi yang sudah dibersihkan tadi. Selain itu, remas-remas dengan lunak badan cumi tersebut sambil dibaluri dengan bumbu. Tujuannya, supaya bumbu dapat lebih meresap ke dalam badan cumi, sehingga cita rasa dari olahan masakan cumipun dapat lebih menonjol.


Baca Juga : Oseng Cumi Tomat Pete Pedas


Kelima, rendamlah cumi yang sudah dibaluri bumbu ke dalam air sisa bumbu marinasi tadi. Kemudian, masukkan ke dalam kulkas sekitar 30 menit supaya bumbunya dapat meresap lebih optimal. Keenam, olesi alat atau wadah panggang dengan margarin, lalu bakar cumi yang sudah dibumbui tadi. Tunggu sekitar dua menit sambil sesekali olesi kembali sisa bumbu pada badan cumi yang tengah dibakar tersebut, dan balikkan ke sisi yang lain ketika cumi sudah tampak kecokelatan. Dalam proses memanggang cumi juga tidak boleh terlalu lama karena akan menyebabkan teksturnya menjadi alot. Inilah sebabnya kenapa cumi berukuran kecil hingga sedang memang lebih pas diolah menjadi cumi bakar.


Baca Juga : Oseng Cumi Asin


Nah, untuk anda yang ingin membuat menu masakan cumi bakar, langsung saja yuk kita eksekusi Resep Cumi Bakar Montok pilihan bumbu bubuk dibawah ini. Silahkan disimak ya.


Bahan : 

  • 600 gram cumi 
  • 1 sendok makan asam jawa 
  • 100 mili liter air 
  • 150 gram udang kupas
  • 1 batang daun bawang kecil 
  • 1 butir telur ayam
  • Garam, lada dan gula 
  • Minyak goreng


Baca Juga : Gulai Cumi Pedas


Secukupnya Bumbu Jays :

  • Grill master hot and spicy barbeque 
  • Grill master seafood magic rub 
  • Garlic powder 
  • Chili flakes 
  • Basil leaves


Baca Juga : Cumi Saos Padang


Cara Memasak : 

  1. Cuci bersih cumi, keluarkan telurnya, tiriskan badan dan kepalanya. 
  2. Cincang kasar telur cumi dan udang, tuang dalam wadah, tambahkan telur ayam yang sudah dikocok, daun bawang iris, garlic powder, garam, lada bubuk dan sedikit basil leaves. 
  3. Lalu masukan ke dalam perut cumi, semat dengan lidi. Remas-remas asam jawa dengan air, buang ampasnya, tambahkan setengah pax grill master hot and spicy barbeque, satu sendok makan grill master seafood magic rub, secukupnya chili flakes dan gula pasir. 
  4. Aduk rata lalu marinasi cumi berserta kepalanya kurang lebih 30 menit. Panaskan teflon, oles dengan minyak goreng, bakar cumi sambil dibolak balik dan diolesi bumbu marinasi tadi. Bakar sampai matang, angkat, potong-potong, siap disajikan.
LihatTutupKomentar